Saturday, March 17, 2018

Buat bumil

Apa saja rekomendasi buah-buahan untuk ibu hamil?

Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan ibu hamil serta untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Berikut ini beberapa buah yang bermanfaat bagi ibu hamil.

1. Pisang
Kaya akan kalium dan menyediakan kalori yang cepat diubah menjadi energi untuk mencegah kelelahan. Kalium dalam pisang dapat membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh. Pisang juga mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Pisang juga mudah untuk dicerna, sehingga dapat menjadi alternatif makanan jika ibu hamil sedang mengalami mual dan muntah.

2. Jeruk
Mengandung vitamin C, folat dan serat. Hampir 90% kandungannya adalah air sehingga membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan kelelahan. Kandungan folat yang tinggi pada jeruk juga dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin dan mencegah janin lahir cacat.

3. Alpukat
Alpukat merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi saat hamil. Alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat serta kalium. Alpukat dapat membantu mengurangi morning sickness, membantu perkembangan otak, sistem saraf dan jaringan bayi. Namun, alpukat mengandung lemak tinggi, sehingga jika memakannya terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Mangga
Mangga mengandung kalium, vitamin C dan vitamin A yang tinggi. Kalium dalam mangga dapat membantu menjaga tekanan darah dan cairan dalam tubuh, vitamin C sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh, sedangkan vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan dan sistem saraf pada bayi. Mangga juga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat mencegah konstipasi atau sembelit pada ibu hamil.

5. Blueberrry, Strawberry Dan Rasberry
Buah-buahan berry ini mengandung kalium, folat dan vitamin C yang tinggi. Kalium selain untuk menjaga tekanan darah, juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf dan kontraksi otot. Folat dan vitamin C dapat membantu untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Buah-buahan ini juga mengandung serat yang dapat membantu sistem pencernaan ibu hamil.

Selain buah-buahan di atas, buah-buahan lain yang baik untuk ibu hamil adalah kiwi, pepaya, anggur, semangka, melon dan masih banyak lagi buah-buahan lainnya. Buah-buahan ini mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan janin.

Sebaiknya konsumsi buah-buahan 2-3 porsi dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Ditambah dengan konsumsi sayuran 2-3 porsi per hari, maka akan melengkapi kebutuhan gizi Anda.

No comments:

Post a Comment